Rabu, 18 Juli 2007

My Kid's Favorite PC Games

To help my kid learn things without feeling like she was studying, we gave her some various interactive PC games. And although back then she was only 3 years old, she had enjoyed playing these games that she can type her name before she can even write an alphabet manually.
Here are some of her fave:
Untuk membantu si kecil belajar tanpa merasa sedang belajar, saya dan suami memperkenalkan games PC interaktif sejak dia berusia hampir 3 tahun. Awalnya kami kuatir si kecil bakal jadi game addict, tapi untungnya nggak tuh. Berhubung sifat dia yang emang rada kurang konsentrasi dan cepet bosen. Tapi, dengan main games interaktif -walaupun sering ditinggal main yang lain- dia jadi cepat mengenal huruf. Sebelum bisa menulis secara manua, si kecil sudah bisa mengetik namanya dengan benar looh.....
Berikut PC games yang pernah dan/atau masih favoritnya:
  1. Bobby bola di Taman Fantasi
  2. Jump Start 2004
  3. Anak Mandiri Aku tak takut ke dokter
  4. Blue's Clues Birthday Adventure
  5. Dora The Explorer Fairytale Adventur
  6. Sesama Street Let's Make A Word
  7. Sesame Street Ernie's Adventure in Space
  8. Anak Cerdas Latihan Di Rumah
  9. Anak Cerdas Sehari Bersama Acel
  10. Anak Cerdas Menyelamatkan Dunia
  11. Anak Islam Berkemah Di Hutan
  12. Boby Bola Rumah Ajaib
  13. Fish Tycoon
  14. Anak cerdas abacada cerdas belajar baca

3 komentar:

Anonim mengatakan...

mbak, ada tips gak.. gimana caranya supaya anak tidak addict dgn games2 seperti ini.. saya punya anak yang udah lama minta dibelikan PS, tapi saya pikir beli kompie aja trus install game2, cuma pikir2 apa bedanya juga dengan PS... any idea mbak?

Anonim mengatakan...

mbak/mas?
tadinya saya juga kuatir seperti itu. Mungkin tergantung sifat anaknya ya Mbak, kalau anak saya kebetulan memang kurang konsisten dan cepat bosen. Jadi dia jarang berlama2 main PS. Malahan dia lebih betah main PC games, karena ga harus bolak-balik ganti CD.
Kalau sifat anak mbak/mas biasanya fokus dalam melakukan satu hal dlm waktu lama, mungkin perlu waspada juga. Sebelum dibelikan wanti2 dulu mengenai kapan dia boleh main PS, misalnya weekdays jam berapa sampai jam berapa, dan weekendnya dikasih reward main lebih lama kalau dia nurut.
Moga2 ga jadi addict ya...

Dyah Fitriana mengatakan...

Assalamu alaikum
Salam kenal ya mba. Saya dirumah ada PS 1, PS 2, terus komputer dengan games interaktif- edukatif, alhamdulillah anak-anak saya (3 cowok) tidak addict tuhm jarang sekali berlama-lama, kalau tidak pas libur panjang baru deh PS nya keluar si sulung dah tahu jadwal dan kewajibannya, si tengah tyh gak hoby liat TV, main games dll, lebih suka main pasir dihalaman yang memang saya sediakan atau memberi makan ikan, main air dan menggambar. sikecil baru suka bernyanyi dan nonton teletubbies. Gitu deh mba.